Pesawat yang masuk dalam riksa uji bidang pesawat uap dan bejana tekan diantaranya:
Ketel Uap adalah suatu pesawat, dibuat guna menghasilkan uap atau stoom yang dipergunakan di luar pesawatnya.
Bejana Tekanan adalah bejana selain Pesawat Uap yang didalamnya terdapat tekanan dan dipakai untuk menampung gas, udara, campuran gas, atau campuran udara baik dikempa menjadi cair dalam keadaan larut maupun beku.
Tangki Timbun adalah bejana selain bejana tekanan yang menyimpan atau menimbun cairan bahan berbahaya atau cairan lainnya, di dalamnya terdapat gaya tekan yang ditimbulkan oleh berat cairan yang disimpan atau ditimbun dengan volume tertentu;
Ruang lingkup Riksa Uji Pesawat Uap dan Bejana Tekan adalah :
Perbedaan antara ketel uap dan bejana uap adalah pada fungsi dan operasinya. Ketel Uap adalah sebagai penghasil uap sedangkan bejana uap adalah sebagai penerima uap dalam kelangsungan suatu proses yang menggunakan instalasi uap.
Agar pemeliharaan ketel uap dapat terlaksana dengan baik, maka perlu diadakan pendidikan dan latihan terhadap operator ketel uap, juru las untuk pesawat uap, yaitu :
Pedoman Pelaksanaan Riksa Uji Bidang Pesawat Uap dan Bejana Tekan dibagi menjadi dua bagian, yakni:
Pedoman Pelaksanaan Pemeriksaan dan Pengujian serta Penerbitan Ijin Pesawat Uap :
Pedoman Pelaksanaan dan Pengujian serta Penerbitan Pengesahan Pemakaian Bejana Tekan :
Riksa uji eskalator adalah proses pemeriksaan dan pengujian yang dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa…
Riksa uji deaerator merupakan proses penting dalam pemeliharaan peralatan pembangkit tenaga uap. Deaerator, yang berfungsi…
Riksa uji jib crane adalah proses pemeriksaan teknis yang dilakukan untuk memastikan bahwa jib crane…
Riksa uji mobil crane adalah proses penting dalam memastikan bahwa alat berat ini berfungsi dengan…
Inspeksi pallet mover adalah proses krusial untuk memastikan bahwa alat ini berfungsi dengan aman, efisien,…
Riksa uji scissor lift merupakan proses inspeksi mendetail yang bertujuan untuk memastikan bahwa peralatan ini…